Laman

Thursday, February 11, 2016

Review Buku: Episode Hujan - Lucia Priandarini

Saya termasuk orang yang jarang baca buku novel. Baik novel dalam negeri maupun luar negeri. Namun, yang membuat saya memutuskan membeli buku novel ini adalah karena gaya tulisan penulisnya. Kenapa?
Di mata saya, nama Lucia Priandarini adalah suatu janji brand tulisan yang dalam, idealis, penuh ide-ide orisinil dan tidak membosankan. Beberapa tulisan yang pernah saya baca dari penulis ini kerap kali memberikan pemikiran dalam tentang hidup.

Dan benar, waktu saya tanya ini tentang apa, jawabannya singkat "tentang orang hilang". Setengah bingung mendengar jawaban itu, tapi saya beranikan diri untuk menyobek bungkus paket kiriman buku Episode Hujan.

Ada note dan tanda tangan penulis yang membuat saya sejenak kembali ke masa-masa SMA, jaman AADC 1 sangat booming dan jadi idola semua remaja Indonesia. Saat saya baca, bab I nya menarik sekali. Seperti menyatukan antara berita nyata dan fiksi.
Lembar demi lembar saya baca, dan anehnya, buku itu menghalau saya dari telepon genggam. Buku ini hipnotik. Semacam membaca curahan hati seorang sahabat lama yang bercerita tentang pahit manisnya hidup, saya sudah berjanji di awal untuk tidak menangis, jadi saya bisa tahan air mata yang akan tumpah.

Tutur bahasanya saya suka. Bukan jenis tutur bahasa novel chicklit yang pemilihan bahasanya itu-itu saja. Tidak terlalu deskriptif, tapi cukup manis; walau ada beberapa peristiwa yang saya anggap masih bisa diperpanjang lagi ceritanya. Jelas bukan untuk penyuka genre chicklit, tapi lebih ke kelompok usia berapapun yang sedang mencari jati diri, untuk mulai mengenal hidup.

Menurut saya, buku ini wajib dibaca oleh orang yang galau, yang resah, yang bosan dengan kehidupan normal, yang sudah menemukan pertanyaan namun belum menemukan jawaban. Buku ini memberikan persepsi yang berbeda tentang cinta dan kebersamaan. Tentang keluarga dan kasih sayang.

Terima kasih untuk tulisannya, sehingga sayapun teringat pada beberapa kisah hidup saya sendiri, yang mulai sedikit terlupakan dengan kesibukan sehari-hari.

PS: Saya suka ilustrasi bukunya, pemilihan font, dan jenis kertasnya ^_^

Judul Buku: Episode Hujan
Penulis: Lucia Priandarini
Penerbit: Grasindo
Tebal buku: 282 halaman
Terbitan pertama: Januari 2016
web penulis: www.luciapriandarini.com

Keep on doing magic, Rin!

Post a Comment