Laman

Thursday, February 06, 2014

Belated Birthday untuk Aa Gym dan Teh Ninih.

Saya gemes ingin nulis tentang salah satu tokoh yang menjadi panutan saya dalam mengenal Islam. Salah satunya adalah Aa Gym (Abdullah Gymnastiar), tapi kalau nulis tentang Aa ini mungkin bisa sampai berseri-seri tulisannya, karena saking panjangnya dari semenjak kuliah sampai sekarang. Salah satu syariat "ketemu" dengan suami ya salah satunya secara tidak langsung adalah lewat kajian-kajian Aa Gym di Darut Tauhid Bandung.

Kenapa saya ingin nulis tentang tokoh ini? Karena mau tidak mau harus diakui bahwa beliau salah satu sosok legendaris di dunia dakwah Islam. Dari semenjak awal berdakwah yang hanya dikenal sebagian kecil orang, hingga membangun masjid Darut Tauhid yang sekarang usianya sudah 20 tahun, ketenarannya, poligami dan ditinggal para fansnya, hingga sekarang bangkit lagi bahkan menjadi lebih hebat dari sebelumnya (walau tidak diliput media).

Betapa sosok satu ini sudah menjadi bukti bagaimana Allah SWT membolak-balikkan episode hidup hambaNya. Dan bagaimana seorang hamba menerjemahkan segala kejadian hidupnya dan terus berhusnudzon (berbaik sangka) kepada takdir Allah SWT.

Ketika saya dulu "mengenal" sosok ini, saya membaca setiap buku yang membahasnya, mulai dari biografi singkatnya sampai buku-buku kecil seperti tips-tips sabar, hidup tenang dan sebagainya. Bahkan ketika saya liburan kuliahpun, saya bela-belain ke Bandung, main ke DT (Darut Tauhid), membeli buku-buku, dan pernak pernik DT.

Siaran MQ Pagi pun saya dengarkan lewat internet melalui jaringan radio internet yang dibikin temen di Jerman. Sampai pun pindah ke Bandung setelah lulus, tetep aja masih suka denger MQFM sampai sekarang beranak 2. Sungguh loyalitas luar biasa. Loyalitas karena apa ya? Saya juga bingung. Saya seperti menemukan oase ilmu di sosok satu ini. Ilmu hidup sederhana yang bisa diulik sedemikian rupa sehingga cocok dengan pemahaman ilmu agama. Ilmu agama dibumikan. Hal-hal ringan tapi fundamental seperti ketauhidan benar-benar ditanamkan. Ilmu itu yang menurut saya sangat amat jarang ditemukan.

Banyak pendakwah lain yang juga luar biasa, seperti Mamah Dedeh yang pengetahuan fiqih, qur'an, hadist, semuanya lengkap. Konsep ibu-ibu "curhat" yang nanya tidak sesuai materi pun bisa dijawab langsung, fasih, dan benar! Sungguh ilmu yang luar biasa sudah ada di Mamah Dedeh. Dengan pembawaan beliau yang santai tapi tegas, sepertinya memang cocok dengan karakter pemirsanya, yaitu ibu-ibu.

Nah, Aa Gym ini karakternya juga lucu, saya bahkan sering beranggapan beliau ini seperti komika Stand Up Comedy saja. Contoh-contoh yang diberikan untuk menjelaskan makna ketauhidan, manja ke Allah SWT, ilmu-ilmu menghadapi hidup itu seakan-akan dibuat lucu. Mengingatkan saya pada Mario Teguh (Golden Ways), yang sangat mampu menghadapi audiens yang beragam, serta memberikan pemikiran-pemikiran sederhana, mudah dicerna, dan mujarab.

Berbagai ilmu ketauhidan (mengesakan Allah SWT dan tidak menyekutukanNya dengan apapun dan siapapun), dibahas selalu oleh Aa Gym dari dulu awal beliau dakwah sampai sekarang. Herannya dengan satu ilmu saja, saya (dan mungkin banyak loyalis Aa Gym semua) yang tidak pernah bosan menunggu ceramah-ceramahnya.

Dan penamaan "Aa" menunjukkan keakraban luar biasa, karena mau anak kecil, mau orang dewasa, mau orang tua, tetap saja memanggilnya "Aa Gym", bukan "Bapak Aa Gym". Hehe. Ini salah satu branding yang OK menurut saya. Hehe. Biar awet muda juga mungkin ya A :D.

Kisah "kejatuhannya" karena fans banyak meninggalkannya karena keputusannya untuk berpoligami pun diceritakan dengan ringan dan santai. Pun ketika bercerai dengan Teh Ninih, dan kembali rujuk beberapa bulan kemudian. Sungguh seakan-akan bagi Aa Gym ini memang wajib untuk menomersatukan Allah SWT, bukan mendewakan suami, istri atau keluarga.

Begitu banyak yang saya ingin ucapkan. Tapi dari dalam lubuk hati saya yang terdalam, saya mendoakan Aa Gym dan Teh Ninih yang baru saja berulang tahun, untuk selalu menjadi contoh, teladan, panutan, dan salah satu sumber ilmu tentang Islam dan kehidupan dunia ini.

Jazakumullah. Selamat ulang tahun di bulan Januari lalu Aa Gym dan Teh Ninih. Semoga Allah SWT selalu menuntun dan memberikan hidayahNya kepada keluarga dan kita semua. Aamiin.
Post a Comment