Laman

Thursday, July 18, 2013

Allah Maha Pengampun...asal....

Assalamu'alaikum, 

Mau numpang curhat nih :D. Eh sebelumnya mau nyapa dulu ah.. Bagaimana yang puasa??? Daku hanya puasa hari pertama, selebihnya sampe sekarang belum puasa lagi.. Masih belum bisa menyiasati kebutuhan ASI Umar yang lumayan buanyak, sampe2 ada malam dimana Umar ngamuk ga bisa tidur karena lapar. Eh, setelah diangetin ASIperah, ternyata hanya minum 25ml. Hiks, sedih banget masa 25ml aja ga ada :(. Tapi alhamdulillah sekarang sudah normal, tapi tetep masih belum puasa. Siap-siap aja bayar fidyah. Hehe.

Jadi gini, beberapa waktu lalu nonton acara Pak Ary Ginanjar (ESQ 165) di TV (stasiun mana lupa deh TVnya), tapi pas banget beliau bilang: 

"Allah Maha Pengampun, Allah akan mengampuni dosa hamba-hambaNya asal tidak diulangi lagi"

Nah lho!!! Kok Allah gitu??

Ini yang kurasa perlu diluruskan. Di ayat mana Allah mengatakan bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa hamba-hambanya walau hambaNya melakukan kesalahan yang sama? Walau ga pinter-pinter banget ilmu agama, insya Allah aku tau bahwa Allah akan mengampuni jika: 

1. Sebelum nafas sampai ke tenggorokan (ajal menjemput). Nah pada saat itulah pintu taubat DITUTUP. 

{ إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوَءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِن قَرِيبٍ فَأُوْلَـئِكَ يَتُوبُ اللّهُ عَلَيْهِمْ وَكَانَ اللّهُ عَلِيماً حَكِيماً. وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّى إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الآنَ وَلاَ الَّذِينَ يَمُوتُونَ وَهُمْ كُفَّارٌ أُوْلَـئِكَ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا}
“Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dgn segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; & Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan : “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang”. Dan tak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dlm kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih.” (QS. An-Nisa`: 17-18)

2. Dosa yang tidak diampuni adalah SYIRIK

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS an-Nisa [4]: 48).

3. Ampunan Allah seluas SAMUDERA

Dari Anas RA, ia berkata : Bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT berfirman :” Wahai anak Adam, selagi engkau meminta dan berharap kepada-KU , maka Aku mengampuni segala dosamu yang telah lalu, dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, jika dosamu sampai setinggi langit, lalu engkau meminta ampun kepada-KU , niscaya KU ampuni . Wahai anak Adam , jika engkau datang kepada KU dengan kesalahan seluas bumi, lalu engkau menemui KU tanpa menyekutukan-KU dengan sesuatupun, niscaya AKU datang kepadamu dengan ampunan seluas bumi pula." Tarmidzi menyatakan hadist ini shahih (2791) 

Rosulullah juga mencontohkan amalan-amalan yang mampu menggugurkan dosa, seperti: berdzikir Subhanallah Wabihamdihii (100kali) dalam sehari, istighfar, sampai bekerja keras. Karena memang ada beberapa dosa yang tidak terhapus kecuali dengan kerja keras (rasa lelah dan capek sebagai penggugur dosa). 

Jadi, bagi yang merasa bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa yang berulang, mohon dicermati lagi... Atau mungkin akunya yang salah konteks, karena hanya nonton sepenggal kecil. Mohon juga kepada Bapak Ary Ginanjar untuk bersedia meralat dan memperbaikinya agar umat tidak salah kaprah. Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada tulisan yang menyinggung. Niatku semata-mata untuk kebaikan bersama. 

Beberapa sumber: 
http://salafy-indonesia.web.id/taubat-syarat-adabnya-syarat-taubat-yang-diterimasampai-ke-tenggorokan-565.htm
http://www.yayasanmdf.org/home/index.php/artikel/566-luasnya-ampunan-allah-swt
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/12/06/24/m63jat-money-politics-tiga-dosa-yang-tak-akan-diampuni-allah-swt 

Wassalamu'alaikumwrwb, 

Selamat menjalankan ibadah shaum Ramadhan :) 
Post a Comment