Laman

Friday, March 12, 2004

Pemimpin

Bukan satu orang yang ada dalam tim. Biasanya, yang namanya tim itu terdiri dari lebih dari satu orang, ya kan ? Yang mana itu berarti bahwa sebuah kerjaan tim, harus dikerjakan oleh semua yang ada dalam tim tersebut.
Dalam tim, selalu ada yang menjadi pemimpin.. tugas yang agak berat. Pemimpin inilah yang menentukan ke mana arah tim itu berjalan. Pemimpinlah yang membagi tugas, mengevaluasi, menjadi contoh, berkorban, semua demi kesuksesan tim.

Dalam memilih pemimpin, jangan sampai sembarangan. Pilihlah pemimpin yang bisa menjadi tauladan dan mau berkorban. Menjadi pemimpin bukan berarti ongkang2 kaki dan menanti hasil anak buah. Menjadi pemimpin berarti berusaha lebih keras, bekerja lebih berat dan harus mau mengalahkan dirinya sendiri. Ada buku yang bagus sekali tentang kepempimpinan. Buku yang ditulis oleh John C. Maxwell, berjudul 21 Irrefutable Laws of Leadership, alias 21 Hukum Kepemimpinan Yang TIDAK DAPAT DIBANTAH. Buku yang bagus, mengandung cerita2 sukses para pemimpin dunia, misalnya Theodore Roosevelt yang namanya masuk ke dalam 100 orang berpengaruh abad ini, bersanding dengan Oprah Winfrey yang suksesnya tak terbantahkan.

Dalam buku itu, banyak sekali yang bisa dipetik pelajaran. Dan bila kita kaitkan dengan hukum Islam, Nabi Muhammad benar2 melaksanakan 21 hukum itu, sehingga pengaruhnya masih terasa sampai sekarang dan akhir jaman nanti.

Jadi, jadi pemimpin itu enggak segampang yang kita kira. Itu lebih banget dari semua yang ada. Pemimpin adalah panutan.. panutan..

ps. milih presiden yang bener ya...jangan asal pilih.. buat yang mau massa kampanye.. ingat bahwa semua ini demi kebaikan bangsa kita sendiri. Indonesia. Semoga negara kita bisa menjadi lebih baik. amiin...
Post a Comment