Laman

Wednesday, February 25, 2004

hikmah jika dipikirkan

Semua ada hikmah kalo emang mau dipikirkan.

Tadi pagi ada serangan fajar! Ada satu tikus yang beraksi untuk mencari makanan buat sarapan pagi itu, tanpa permisi, langsung aja ngeliat makanan, langsung sikat! Enggak peduli itu punya manusia mana, ato mungkin malah udah jatah tikus yang mana .. Mana dia peduli?? Dia enggak peduli, cuek aja makan.. nyam nyam nyam...dan tiba2 ada yang sadar dari tidurnya..

Ah, manusia itu sadar! Harus lari, pikirnya..
Si tikus itu enggak sempet menghabiskan satu kerat roti yang sudah tersedia di hadapannya gara2 kesadaran manusia di luar kehendaknya. Ah, dasar manusia bodoh ! kenapa bangun????, pikir tikus..

Manusia yang mendengar suara gemerisik plastik segera menyalakan lampu dengan sigapnya. Ia tanpa ragu lagi mengambil keputusan bahwa itulah kerjaan tikus.
Dasar tikus dodol !, kata manusia itu...

Ada berapa banyak dari kita yang bereaksi reaktif dan menyalahkan tikus itu atas kedatangannya?
Ada berapa banyak dari kita yang tidak bereaksi, justru terus tidur dan terlelap?
Ada berapa banyak dari kita yang bangun, bergegas berpikir alasan tikus itu masuk ke wilayahnya, dan langsung bertindak?
Ada berapa banyak???

Ada beberapa orang yang reaktif dan langsung memaki2 si tikus.. dengan cueknya marah2 pagi hari.. kalah oleh keinginan untuk memperbaiki diri..
Ada beberapa yang cuek, dan langsung tidur.. dengan pikiran.. ah, nyante aja. paling cuman tikus.. tikus kan ciptaan Tuhan, masa enggak ngerti kalo aku juga laper???
Ada beberapa juga yang beranjak, bangun, dan bertindak. Melihat sekeliling, memperbaiki keadaan yang ada. Merasa bahwa memang ada yang salah dengan keadaannya, lalu bersegera berubah menjadi salah satu anggota POWER RANGER!

Banyak hikmah yang bisa kita dapatkan kalo kita bener2 mikir apa yang ada dibalik semua serangan fajar dan cerita tikus-manusia itu..
Apapun yang telah kita lakukan, yang ada buruk dan salahnya, semua akan menjadi sebuah godaan bagi kejahatan (bisa dikatakan sebagai musuh dari kebaikan) untuk datang dan menggoda. Ah, kalo kita baik aja masih banyak godaan, apalagi yang udah ternodai dengan kesalahan dan dosa??

Pernah seorang nabi didatangi oleh malaikat maut, beliau bertanya
Hai, malaikat maut. apakah engkau akan mengambil nyawaku atau hanya berkunjung?
Hanya berkunjung, wahai nabi...
Hai malaikat maut, bisakah kau mengirimkan utusanmu kepadaku sebelum engkau datang lagi untuk mengambil nyawaku?
Baiklah ya nabi..

Kemudian, beberapa tahun kemudian, malaikat maut datang.
Sang nabi bertanya..
hai malaikat, apakah engkau datang untuk berkunjung atau hendak mencabut nyawaku?
Aku akan menyabut nyawamu, hai nabi
Tapi engkau belum mengirimkan utusanmu, hai malaikat maut
Bukankah aku telah mengutus utusanku kepadamu...
Apakah itu,hai malaikat ?
Rambut hitammu yang berubah jadi putih
Gigimu yang tanggal
Dan badanmu yang melemah setelah menemui kekuatannya

Ah, manusia.. semua akan banyak hikmahnya jika engkau mau berpikir.. Semoga kita termasuk orang2 yang mau berpikir. amiin...
Post a Comment